DETAIL DOCUMENT
RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA PT. SINAR CAHAYA KURNIA
Total View This Week0
Institusion
STMIK Global Informatika Mdp
Author
Furtiman, Kelvin
Leonardo, Leonardo
Subject
QA75 Electronic computers. Computer science 
Datestamp
2019-08-16 08:35:24 
Abstract :
PT. Sinar Cahaya Kurnia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dan service komputer, dalam menjalankan bisnisnya PT. Sinar Cahaya Kurnia mengalami kendala dalam mempertahankan pelanggannya. Kendala yang terjadipun dapat dirincikan, mulai dari kendala dalam menyampaikan informasi mengenai jasa service dan promosi kepada pelanggan serta mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal booking service. Pelanggan juga dibuat menunggu karena teknisi yang ada tidak sesuai dengan permintaan jasa service, dan sering kali kehabisan barang yang sering dibutuhkan. Belum adanya pelayanan khusus kepada pelanggan potensial. Berdasarkan kendala yang terjadi pada PT. Sinar Cahaya Kurnia, maka dibuatlah sistem manajemen hubungan pelanggan yang dapat mengatasi kendala yang dialami. Proses pengembangan menggunakan metode Iterasi, serta metode pengumpulan data yang terdiri dari beberapa metode antara lain metode wawancara, obeservasi, dan studi pustaka. Pada tahap analisis menggunakan PIECES dan use case diagram. Pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil dicapai adalah sistem manajemen hubungan pelanggan yang harapannya dapat membantu pihak manajemen PT. Sinar Cahaya Kurnia untuk mendapatkan pelanggan baru serta dapat mempertahankan pelanggan yang memiliki potensi untuk meningkatkan kemajuan perusahaan 
Institution Info

STMIK Global Informatika Mdp