DETAIL DOCUMENT
PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA OMAH KOPI PALEMBANG)
Total View This Week0
Institusion
STIE Multi Data Palembang
Author
Samsudin, Dewi Maryani
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2021-04-15 03:49:54 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran terhadap keputusan pembelian pada Omah Kopi Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang telah berbelanja di Omah Kopi Palembang berjumlah 100 orang dan dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalalah analisis linier berganda dengan software SPSS versi 23. Berdasarkan hasil olah data penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,968 + 0,230 X1 + 0,289 X2 + 0,351 X3 + 0,470 X4, pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa variabel independen (motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran) yang diteliti terbukti signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Hal ini dapat dibuktikan dengan semua nilai signifikansinya yang lebih kecil dari 0,05. Secara simultan variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini dibuktikan dengan nilai F yaitu 36,283 dengan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05. R2 sebesar 0,588 artinya presentase sumbangan pengaruh variabel independen (motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 58,8%, sedangkan sisanya 41,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. 
Institution Info

STIE Multi Data Palembang