DETAIL DOCUMENT
KECAP CAP BULAN (Perencanaan Pengembangan Inovasi Usaha Kecap Cap Bulan)
Total View This Week0
Institusion
STIE Multi Data Palembang
Author
Michael, Michael
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2019-09-02 04:21:22 
Abstract :
Usaha ini berawal dari usaha keluarga berupa produk Kecap Asin dan Manis dengan merek Cap Bulan. Saat ini kemasanan yang digunakan berupa botol kaca. Kecap Cap Bulan mempunyai nama usaha yaitu PT Usaha Jaya dengan nama pemilik Bapak Ali Syah Bahar. Usaha ini berlokasi di Jalan. Puncak Sekuning No.1280, 26 Ilir D. I, Ilir Barat. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121. Usaha Kecap Cap Bulan ini berdiri pada tahun 1984 sampai dengan sekarang, dalam usahanya Kecap Cap Bulan selalu berusahan untuk mengembangkan usahanya, salah satu bentuk pengembangan usaha berupa kemasan produk yang praktis yaitu dengan kemasan berkapasitas 60 ml, yang diitujukan kepada seluruh masyarakat kota Palembang khususnya masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan kecap dengan kemasan dan harga terjangkau. Konsumen dapat membeli produk Kecap Cap Bulan secara langsung maupun secara online . Sedangkan dari Aspek keuangan, modal awal yang dibutuhkan Perencanaan Pengembangan Kecap Cap Bulan kemasan 60 ml sebesar Rp295.587.400. Payback Period usaha ini adalah 1 tahun 4 bulan. Dalam analisis kelayakan usaha Perencanaan Pengembangan Kecap Cap Bulan 60 ml, perhitungan NPV positif dengan hasil nilai Rp675.837.862, profitabilities index sebesar 3,28, ARR sebesar 258,4% dan IRR sebesar 87% yang dapat dikatakan layak karena nilai IRR lebih besar dari suku bunga yang berlaku yaitu sebesar 6%. Berdasarkan hasil diatas bahwa usaha Kecap Cap Bulan 60 ml dinyatakan layak untuk dijalankan sebagai usaha mikro dan menengah. 
Institution Info

STIE Multi Data Palembang