Abstract :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa kelas IV SDN 04 Kajai Kota Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Kajai Kota Pariaman yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas IV SDN 04 Kajai yang berjumlah 30 siswa yang dimana terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik total sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 25, dianalisis melalui angket dengan teknik kolerasi Product Moment Model Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar siswa kelas IV . Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000 < 0,05, yang membuktikan bahwa kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa. Kemudian diperoleh nilai R square sebesar sebesar 0.600 artinya kontribusi minat belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) siswa di SDN 04 Kajai Kota Pariaman sebesar 60.0% sedangkan 40% ditentukan oleh factor lain.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Minat belajar IPA