DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 DI SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Mursi, Alfiyusmi
Siska, Angreni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-12 01:38:22 
Abstract :
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 DI SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG Mursi Alfiyusmi, Ibu Siska Angreni S.Pd,M.Pd. 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FakultasKeguruandanilmuPendidikan UniversitasBungHatta E-mail:Mursialfiyusmi@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan model Pembelajaran Think Talk Write pada tema 8 di SDN 08 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan aktivitas siswa. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Berdasarkan hasil analisis aktivitas dan hasil belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata pada siklus I pada aspek bertanya 67,5% aspek menjawab 60% dan aspek mengerjakan tugas 84,5% dan meningkat pada siklus II aspek bertanya 86% aspek menjawab aspek megerjakan tugas 96%. Dapat disimpulkan penerapan model Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Talk Write 
Institution Info

Universitas Bung Hatta