Abstract :
Latar belakang penelitian adalah guru masih menggunakan bahan ajar yang
umum dampaknya beberapa peserta didik sulit memahami. Sehingga peneliti
ingin melakukan pengembangan e-modul matematika interaktif menggunakan
Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker di kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan e-modul matematika interaktif menggunakan aplikasi kvisoft
flipbook maker yang valid dan praktis untuk kelas VII.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian
pengembangan e-modul matematika interaktif menggunakan aplikasi kvisoft
flipbook maker pada kelas VII SMP yang digunakan adalah 3-D yaitu define,
design, dan develop. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop
(pengembangan) yaitu tahap validasi dan praktikalitas.
Instrumen penelitian yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas, draf
divalidasi oleh 2 Validator dengan hasil validasi, yang memenuhi kriteria cukup
valid dengan persentase penilaian sebesar 78%. Sedangkan uji praktikalitas yang
dilakukan oleh 16 peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis dengan
persentase penilaian sebesar 87,5%.
Disimpulkan bahwa e-modul matematika interaktif menggunakan aplikasi
kvisoft flipbook maker di kelas VII SMP memenuhi kriteria cukup valid dan sangat
praktis sebagai salah satu bahan ajar.