Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis (PBL) problem based learning dilengkapi dengan mind mapping siswa kelas IV SDN 32 Bungo Pasang Kota Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan tahap pengembangan 4D, yang dijabarkan sebagai define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebaran) yang dimodifikasi menjadi 3-D. Dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Instrumen penelitian ini terdiri dari angket validitas dengan 3 orang dosen untuk praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SDN 32 Bungo Pasang Kota Padang. Hasil penelitian menunjukan modul pembelajaran IPA berbasis PBL (problem based learning) dilengkapi dengan mind mapping sangat valid, aspek materi 86,15% valid, bahasa 95,59% sangat valid dan aspek desain 93,90% sangat valid. Modul pembelajaran ini sangat praktis menurut guru, dengan praktikalitas 97,78% sangat praktis dan nilai praktikalitas siswa 94,82% sangat praktis. Nilai rata-rata praktikalitas guru dan siswa 96,03% sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis PBL (problem based learning) dilengkapi dengan mind mapping sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran IPA dan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran dengan materi lainya.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran, IPA, PBL, Mind Mapping