Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi yakni belum tersedianya Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Direct Instruction pada Kelas IV SD Negeri 178/III Koto Dua Baru Kec. Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci , Jambi yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. penelitian ini menggunakan teori yang digunakan adalah hakikat pembelajaran menurut Susanto (2012) dan Purwanto (2019). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang di modifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain.Hasil validitas pengembangan modul bahasa Indonesia dari validator ahli materi 100%, ahli bahasa 100%, dan ahli desain 75%, sehingga rata-rata ke seluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 91.66 % dengan kriteria sangat valid. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 18 siswa Kelas IVB Negeri 178/III Koto Dua Baru Kec. Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci , Jambi. Hasil praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 93.80 % dan praktiklitas siswa 89,84%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 91.82 % dengan kriteria sangat praktis. Untuk efektivitas siswa pada uji coba skala terbatas diperoleh 100% dengan kriteria baik sekali dan efektivitas siswa pada uji coba media skala kecil diperoleh 88.88% dengan kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Direct Instruction pada Kelas IVB SD Negeri 178/III Koto Dua Baru Kec. Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci , Jambi dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif pada proses pembelajaran agar dapat meningkatkan nilai siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.