Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik menggunakan powerpoint materi suhu dan panas (kalor) pada peserta didik kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Deveploment). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation), karena keterbatasan waktu dan kemampuan, maka peneliti membatasi model pengembangan pada penelitian ini hingga tahap ke empat yaitu tahap implementation. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan 30 peserta didik kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran yang dihasilkan pada aspek materi (3,33) kategori valid, aspek media (3,66) kategori sangat valid, dan aspek bahasa (3,6) kategori sangat valid. Media pembelajaran yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dan peserta didik dengan persentase (92,8%) dan (93,2%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik menggunakan powerpoint materi suhu dan panas (kalor) pada peserta didik kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD baik bagi guru dan peserta didik
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Saintifik,
Powerpoint