DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 05 MANINJAU KABUPATEN AGAM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Mufidah, Rahma Weni
Yulfia, Nora
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-07 04:19:23 
Abstract :
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 05 Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 05 Maninjau yang terdiri atas kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas VA dan kelas kontrol yaitu kelas VB. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda. Teknik data yang digunakan adalah t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung 4,534 dan Ttabel = 1,68957. Dengan thitung>ttabel yaitu (4,534 >1,68957). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang arahnya terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap Hasil belajar IPS pada tema 8 di Kelas V SDN 05 Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPS. 
Institution Info

Universitas Bung Hatta