DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI HUBUNGAN GAYA DENGAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SDN 12 API-API KABUPATEN PESISIR SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Rezka Octafurdawanda, Rezka
Rona Taula Sari, S.Si., M.Pd, Rona
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-07 04:56:46 
Abstract :
Abstrak Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) kelas IV di SDN 12 Api-Api. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data adalah Siswa kelas IV SDN 12 Api-Api Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data diolah secara deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam bertanya pada siklus I dengan persentase 52,17% mengalami peningkatan ke siklus II dengan persentase 80,43%. Aktivitas menjawab pertanyaan pada siklus I dengan persentase 71,74% meningkat ke siklus II dengan persentase 91,30%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa kelas IV SDN 12 Api-Api Kabupaten Pesisir Selatan setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada pembelajaran IPA dapat di tingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT). Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan aktivitas siswa. 
Institution Info

Universitas Bung Hatta