DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 36 GUNUNG SARIK PADANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Sonya, Supoyo
Yulfia, Nora, S.Pd., M.Pd
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-07 05:07:03 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada tingkat pemahaman (C2) dan rendahnya kemampuan kerjasama siswa (A2) pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 36 Gunung Sarik Padang. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan observasi yang diperoleh dari hasil pengamatan melakukan tes pembelajaran dan kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat dari siklus I 65,38% menjadi 80,77% pada siklus II, 2) hasil belajar ranah afektif siswa dari 61,54% pada siklus I meningkat menjadi 76,92%pada siklus II, 3) hasil observasi kegiatan guru dari 73,21% pada siklus I meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil pembelajaran IPS siswa kelas V dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil pembelajaran IPS pada ranah kognitif dan ranah afektif tersebut disebabkan dengan menggunakan model problem based learning. Kata kunci: Hasil Pembelajaran IPS, Model PBL 
Institution Info

Universitas Bung Hatta