Abstract :
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS
MODEL PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK
SISWA KELAS V SD NEGERI 06 TENGAH PADANG
KABUPATEN PESISIR SELATAN
Litia Ayura Putri1 , Darwianis1
1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bung Hatta
Email : litiaayuraputri1@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis model pendekatan konstruktivisme pada Tema 6 Untuk Siswa kelas V SD Negeri 06 Tengah Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah pembelajaran PKn, Tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap ujicoba. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas V SD Negeri 06 Tengah Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (92,2%), dengan aspek materi (85%), aspek desain (91,6%), aspek bahasa (100%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis dengan nilai rata-rata (95,9%), dengan nilai praktikalitas dari guru dengan rata-rata (97,5%) dan dari siswa (94,4%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis model pendekatan konstruktivisme pada kelas V SD sudah valid dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran PKn di kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: pengembangan, modul, pembelajaran PKn, model konstruktivisme