Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS Berbasis Mind Mapping untuk siswa kelas V SD negeri 23 Ampalu Pagambiran Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang terdiri dari lembar validasi dan lembar praktikalitas. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021-2022 pada mata pelajaran IPS. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 siswa kelas V SD. Data untuk validitas diperoleh hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 89,58% dengan kriteria valid, ahli bahasa 93,18% dengan kriteria sangat valid, dan ahli desain 95% dengan kriteria sangat valid, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 92% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa ) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 97,5% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa 93,65% dengan kriteria sangat praktis, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 93,72% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar atau bahan ajar IPS kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul, IPS, Mind Mapping