Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Picture and Picture pada kelas IV SDN 23 Ampalu yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap ketiga yakni develop (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang divalidasi oleh 3 orang validator dan lembar praktikalitas berupa angket respon guru dan siswa yang diisi oleh 1 orang guru dan siswa kelas IV sebanyak 23 orang. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan modul yang dikembangkan termasuk kriteria Sangat Valid dengan nilai rata-rata (3,62), meliputi nilai dari ahli materi yang memperoleh nilai (3,50), dari ahli bahasa memperoleh nilai (3,63), dan dari ahli desain memperoleh nilai (3,73), ketiga aspek tersebut memenuhi kriteria Sangat Valid. Modul yang dikembangkan juga termasuk kriteria Sangat Praktis oleh guru dan siswa dengan persentase rata-rata yaitu (93,50%). Praktikalitas dari angket respon guru memperoleh persentase sebesar (95,00%) dan praktikalitas dari angket respon siswa dengan memperoleh persentase sebesar (92,00%). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Picture and Picture memenuhi kriteria sangat valid dan praktis serta dapat digunakan sebagai modul dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Modul, Pembelajran IPA, Picture and Picture.