Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model teka-teki silang pada kelas V SDN 23 Ampalu Pagambiran yang memenuhi kriteria valid, dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yaitu difine, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya 3-D yaitu difine, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran IPS. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi materi, bahasa dan desain, lembar praktikalitas yaitu angket respon guru dan siswa. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 24 orang siswa. Data untuk validitas diperoleh hasil dari lembar validasi yang telah dinilai oleh validator yaitu ahli materi 91,66%, ahli bahasa 95,45%, dan ahli desain 95% sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli dengan 93,5% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 95% dan praktikalitas oleh siswa 91,61%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 91,68% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul IPS berbasis model teka-teki silang untuk siswa kelas V SDN 23 Ampalu Pagambiran Padang telah sangat valid dan sangat praktis, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa maupun guru.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Pembelajaran IPS, Teka-teki Silang.