Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Visual terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN 35 Pagambiran Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Visual dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 35 Pagambiran Padang pada tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu Total sampling. Kelas yang menjadi sampel adalah kelas VA dan VB, kelas eksperimen yaitu kelas VA dan kelas kontrol VB dipilih secara random. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen nilai rata-rata (76,4) dan kelas kontrol nilai rata-rata (65,2). Secara uji statistic t-hitung dan t-tabel (3,29>2,016) dengan taraf (? = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Pagambiran. Sehingga media Visual diharapkan dapat dipergunakan sebagai inovasi serta penyempurnaan pada proses pembelajaran.