DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN 24 PARUPUK TABING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
dedi, ali masum
Wince, Hendri
Siska, Angreni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-08 01:56:51 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Keterampilan Proses untuk siswa kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Jenis penelitian adalah Pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) dan development (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Untuk mengetahui kelayakan modul, dilakukan uji validasi dan uji praktikalitas. Uji validasi terdiri dari 3 orang ahli yaitu ahli bahasa, ahli desain dan ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan 22 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian modul ini menunjukan kategori sangat valid oleh validator dengan rata-rata 92,90% dengan rincian masing-masing aspek, (desain) 97,22%, (bahasa) 95,83% dan (materi) 85,65%. Hasil uji praktikalitas guru dikategorikan sangat praktis dengan rata-rata 91,41% dengan rincian masing-masing aspek, (kegrafikan) 100%, (bahasa) 91,67%, (penyajian) 90,63% dan (kelayakan isi) 83,33%. Hasil uji praktikalitas siswa dinyatakan sangat praktis persentase rata-rata 86,67% dengan rincian masing-masing aspek, (ketertarikan siswa) 90,45%, (evaluasi) 89,77%, (kreatifitas siswa) 85,23%, (praktikalitas waktu) 84,09% dan (proses penggunaan) 83,81%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Keterampilan Proses untuk siswa kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing dinyatakan sangat valid dan sangat praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas IV SD. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Keterampilan Proses, IPA. 
Institution Info

Universitas Bung Hatta