Abstract :
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran PPKn menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, dan tes hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa. Berdasarkan analisis lembar hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa diperoleh daya serap klasikal pada siklus I yaitu 69,37%, pada siklus II daya serap klasikal meningkat menjadi 80,62%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembalajaran PPKn dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.