DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS V SDN 10 KANDANG BARU SIJUNJUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Lativa, Fajrin
Muslim, Muslim
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-08 06:29:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran PPKn berbasis model Problem Based Learninguntuk peserta didik kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development dan dissemination. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrument penelitian ini meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 20 orang peserta didikkelas V SD. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 96,66%, ahli desain 90,27%, dan ahli bahasa 98,33%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 95,08% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 98,43% dan praktikalitas oleh siswa 93,22%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 95,82% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis model Problem Based Learningtelah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. 
Institution Info

Universitas Bung Hatta