Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
pada tema 6 subtema 1 melalui model pembelajaran Jigsaw di SDN O3 2X11 Enam
Lingkung PadangPariaman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus yang pada masingmasing siklusterdiri dari 2 pertemuan. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas
4 di SDN 03 2X11 Enam Lingkung Padang Pariaman yang terdiri dari 20 orang
siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil
belajar. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata pada
siklus I yaitu 70.43 dengan persentase ketuntasan belajar 73.91% dengan kategori
tinggi. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75.86 dengan persentase 89.95%
dengan kategori tinggi. Dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 80.21 dengan
persentase 100% yang berada pada kategori sangat tinggi. Dari hasil yang diperoleh
dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa kelas 4
setelah metode pembelajaran menggunakan model Jigsaw. Oleh sebab itu model
pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran di
Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw