Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pembelejaran matematika SD kelas V materi kecepatan dan debit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model yang disarankan oleh Thiagarajan (1974). Model 4-D yang terdiri dari Define, Design, dan Development. Pada penelitian ini tahap yang akan dilalui peneliti hanya sampai pada tahap 3, penelitian ini dilakukan pada semester II, Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas, dan uji efektivitas yang dilakukan pada tanggal 23 Februari 2022 di SDN 14 Lubuk Alung. Berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli dosen, hasil praktikalitas oleh pendidik dan peserta didik, dan hasil uji efektivitas dengan rata-rata hasil validitas adalah 84%, rata-rata hasil praktikalitas adalah 90,12% dan hasil efektivitas dengan persentase 70,96 %, menunjukan bahwa LKPD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi kecepatan dan debit untuk peserta didik kelas V SD termasuk kedalam kriteria valid, sangat praktis, dan efektif yang dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik di sekolah SDN 14 Lubuk Alung sebagai tempat peneliti melakukan penelitian, peserta didik dapat belajar dengan mandiri, aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: LKPD. Matematika. Problem Based Learning