Abstract :
Tujuan penelitian in adalah untuk mendisripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 06 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, pada siklus akhir dilakukan tes hasil belajar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Lembah Melintang yang berjumlah 10 orang siswa. hasil penelitian memperlihatkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 62,5 presentase ketuntasanya 40%. Sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 87, presentase ketuntasannya 80%. Pesentase keaktifan siswa pada siklus 1 dan 2 yaitu pada kegiatan kesiapan terdapat 60% meningkat 80%, kegiatan memperhatikan guru 80% meningakt 95%, bertanya 20% meningkat 60%, bekerja sama 80% meningkat 100%, tampil 40% meningkat 75% sedangkan memecahkan soal 80% meningkat menjadi 100%. Dari penelitian ini dapat disimpulakan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan mengunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa