Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar IPA siswa, antara hasil belajar yang menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Konvensional dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 47 Korong Gadang Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, yaitu sampel diambil dari seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari kedua kelas.Untuk menentukan kelas Eksperimen dan kelas Kontrol dilakukan dengan cara pengundian. Kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan berupa soal tes aspek kognitif. Data dalam penelitian ini adalah berupa tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai yaitu nilai sig sebesar 0,035 di mana < 0,05 dengan demikian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 13 Kuranji Padang yang menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan strategi pembelajan Konvensional.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here, IPA.