DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KESULITAN BELJAR YANG DIHADAPI OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 47 KORONG GADANG KOTA PADANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Melsya, Reyuni
Muhammad, Nursi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-09 03:06:50 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang, (2) Untuk mengetahui cara mengatasi kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kontribusi keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, subjek penelitian berjumlah 4 orang siswa, dan 2 orang informan yang terdiri dari guru dan orang tua siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah: reduksi data, penyajian data,veritifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 47 Korong Gadang, yaitu faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal yaitu dari dalam diri siswa, dan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Cara mengatasi kesulitan belajar siswa adalah: (1) mengulang materi pembelajaran yang sulit (2) melakukan bimbingan khusus dengan siswa yang bersangkutan saat pulang sekolah, (3) melakukan pemanggilan orang tua untuk membantu dan membimbing anak tersebut dalam belajar dirumah. Kontribusi keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar (1) orang tua sebagai guru dirumah, (2) orang tua sebagai fasilitator, dan (3) orang tua sebagi motivator 
Institution Info

Universitas Bung Hatta