Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) faktor-faktor penyebab
kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang, (2) Untuk
mengetahui cara mengatasi kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47
Korong Gadang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kontribusi keluarga dalam
mengatasi kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, subjek
penelitian berjumlah 4 orang siswa, dan 2 orang informan yang terdiri dari guru
dan orang tua siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah:
Observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah:
reduksi data, penyajian data,veritifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian
diperoleh faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap mata pelajaran PKn
siswa kelas IV SDN 47 Korong Gadang, yaitu faktor internal dan eksternal siswa.
Faktor internal yaitu dari dalam diri siswa, dan faktor eksternal meliputi faktor
lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Cara mengatasi kesulitan belajar
siswa adalah: (1) mengulang materi pembelajaran yang sulit (2) melakukan
bimbingan khusus dengan siswa yang bersangkutan saat pulang sekolah, (3)
melakukan pemanggilan orang tua untuk membantu dan membimbing anak
tersebut dalam belajar dirumah. Kontribusi keluarga dalam mengatasi kesulitan
belajar (1) orang tua sebagai guru dirumah, (2) orang tua sebagai fasilitator, dan
(3) orang tua sebagi motivator