Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbiasaan siswa belajar selama pandemi
Covid-19 menggunakan video animasi serta guru yang belum pernah
menggunakan media pembelajaran berbasis animasi selama pembelajaran tatap
muka, melainkan guru masih terfokus pada buku cetak tematik, LKS dan
Powerpoint biasa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran matematika yang berupa video animasi menggunakan powtoon pada
materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri 24 Ujung Gurun yang
memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4-D
yang dimodifikasi menjadi 3-D karena adanya keterbatasan waktu dalam
penelitian. Tahapan yang dilakukan yaitu define, design, dan development.
Validator angket validitas dilakukan oleh 2 orang dosen dan praktikalitas
dilakukan oleh 1 orang guru dan 22 siswa kelas IV SDNegeri 24 Ujung Gurun.
Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi dua orang validator.
Validitas media meliputi dua aspek yaitu aspek materi dan aspek media.
Berdasarkan hasil rata-rata validasi oleh validator (ahli materi dan ahli media),
media pembelajarananimasi yang dikembangkan mendapatkan persentase 87,5%
dengan kriteria valid. Hasil rata-rata praktikalitas (angket guru dan angket siswa)
mendapatkan persentase 94,7% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan
media pembelajaran animasi menggunakan powtoon valid dan sangat praktis
untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika di sekolah
dasar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Animasi, Powtoon.