Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran Matematika
berbasis Problem Based Learning pada materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV
SD N 08 Ulak Karang Selatan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development)
yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian
meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa), dan
efekifitas. Dalam proses validasi, LKPD di validasi dari 3 orang dosen ahli yaitu
validator materi, bahasa dan desain. Dilihat dari rata-rata validitas LKPD
pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning pada materi FPB dan
KPK memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan 94,57%. Uji coba
praktikalitas diuji cobakan oleh 1 orang guru kelas dan 17 orang siswa, dari hasil
rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh persentase kepraktisan 96,25%
dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan dilihat dari hasil pretest dan posttest
yang diuji cobakan kepada 17 siswa sebelum dan sesudah mengembangkan bahan
ajar LKPD, dari hasil rata-rata efektivitas oleh siswa diperoleh 0,62 dengan kriteria
sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD
pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning, memenuhi kriteria
valid, praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VI
Sekolah Dasar (SD) secara mandiri.