Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash kelas IV-C sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Namun penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development. Instrument penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi oleh 2 orang validator dan lembar praktikalitas yang diperoleh dari guru dan siswa kelas IV-C sebanyak 22 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan mendapatkan persentase 88,9% dengan kriteria valid dan hasil praktikalitas mendapatkan persentase 93,7% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash memenuhi kriteria valid dan sangat praktis. Dengan demikian media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash dapat digunakan dalam proses pembelajaran dikelas dan sebagai salah satu media pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Kata kunci : Matematika, Macromedia Flash, Bangun Datar