Abstract :
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKN BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17
SIMAUNG CUMATEH
Azhura Lisyahri¹, M. Tamrin¹
¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bung Hatta
e-mail : lisyahria3@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran PKn berbasis inkuiri untuk kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tipe 4-D yaitu define, design, development dan dissemination Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrument pengumpulan datanya berupa angket/kuesioner validasi modul. Modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 30 orang peserta didik kelas V SD. Diperoleh hasil validasi, oleh validator ahli materi 93,18%, ahli bahasa 95,45%, dan ahli desain 92,18%, sehingga rata-rata dari tiga orang dosen ahli adalah 93,60% dengan kriteria sangat valid. Untuk praktikalitas diperoleh, oleh guru 95,45% dan oleh siswa 91,89%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 93,67% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis inkuiri telah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar oleh guru.
Kata Kunci : Pengembangan Modul, Pembelajaran PKn, Berbasis Inkuiri