Abstract :
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan membaca cepat Siswa dengan menggunakan pendekatan Quantum Reading menganut teori Dr. Georgi Lozanov.(dalam Collin dan Malcom, 2002,243). Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mctaggart yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan diakhiri dengan kegiatan refleksi. Penelitian dilakukan kepada sebanyak 28 orang siswa di kelas V SDN 01 Pauh Kurai Taji tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan keterampilan membaca cepat setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Quantum Reading. Skor rata-rata kecepatan membaca siswa pada siklus I hanya 126,1 kata/menit dan rata-rata skor hasil belajar pemahaman wacana 59 dengan ketercapaian aktivitas guru 67,66% dan siswa 54%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 145,5 kata /menit dan rata-rata skor hasil belajar pemahaman wacana menjadi 6.1 dengan ketercapaian aktivitas guru 81,81% dan siswa 77,27%. Pembelajaran masih dianggap belum tuntas jika hasil yang diperoleh belum di atas 75% dan untuk itu penelitian dilanjutkan pada siklus III. Ternyata pelaksanaan tindakan pada siklus III mengalami peningkatan yakni rata-rata kecepatan membaca siswa adalah 172,07 kata/menit serta skor pemahaman wacana mengalami peningkatan rata-rata menjadi 87 dengan skor aktivitas guru 89,39% dan siswa 81,81%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan quantum reading mampu meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SDN 01 Pauh Kurai Taji.
Kata Kunci : quantum reading, keterampilan membaca, dan penelitian tindakan kelas.