Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PUAY, JARIAMAN
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2019-09-07 04:29:03
Abstract :
JARIAMAN PUAY. ?Studi Deskriptif Motivasi Belajar dan Persepsi Mahasiswa
Program Studi Sarjana Keperawatan tentang Problem Based Learning di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018?
LATAR BELAKANG: Problem Based Learning (PBL) merupakan metode
intruksional yaitu mahasiswa diberikan masalah sebagai pemicu belajar yang
dapat membantu dan mendorong mahasiswa untuk mengembangkan
pemahaman tentang berbagai konsep yang mendasari masalah serta prinsip
pengetahuan lain yang relevan.
TUJUAN: Mengetahui gambaran motivasi belajar dan persepsi mahasiswa
Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum
Yogyakarta tahun 2018.
METODE: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan
cross sectional. Jumlah sampel yang diambil 127 mahasiswa Prodi Sarjana
Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. Pengambilan sampel
menggunakan teknik propotional starified random sampling. Instrument berupa
kuesioner tertutup.
HASIL: Tingkat motivasi belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan
tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 dengan
kategori tinggi 72,4% dan kategori rendah 0,8%. Sedangkan tingkat persepsi
mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 dengan kategori baik 71,7% dan
kategori cukup 28,3%.
KESIMPULAN: Tingkat motivasi belajar mahasiswa Program Studi Sarjana
Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018
rata-rata berada pada kategori tinggi 72,4%. Sedangkan persepsi mahasiswa
berada pada kategori baik sebesar 71,7%.
SARAN: Disarankan peneliti lain untuk meneliti hubungan antara motivasi belajar
dan persepsi mahasiswa tentang proses pembelajaran Problem Based Learning
dengan IPK.
KATA KUNCI: Problem Based Learning-motivasi-persepsi
xviii + 95 + 9 tabel + 3 skema + 20 lampiran
Kepustakaan: 35, 2006-2016.