DETAIL DOCUMENT
STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN TENTANG PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2018
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PUAY, JARIAMAN
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) 
Datestamp
2019-09-07 04:29:03 
Abstract :
JARIAMAN PUAY. ?Studi Deskriptif Motivasi Belajar dan Persepsi Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang Problem Based Learning di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018? LATAR BELAKANG: Problem Based Learning (PBL) merupakan metode intruksional yaitu mahasiswa diberikan masalah sebagai pemicu belajar yang dapat membantu dan mendorong mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman tentang berbagai konsep yang mendasari masalah serta prinsip pengetahuan lain yang relevan. TUJUAN: Mengetahui gambaran motivasi belajar dan persepsi mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018. METODE: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang diambil 127 mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional starified random sampling. Instrument berupa kuesioner tertutup. HASIL: Tingkat motivasi belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 dengan kategori tinggi 72,4% dan kategori rendah 0,8%. Sedangkan tingkat persepsi mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 dengan kategori baik 71,7% dan kategori cukup 28,3%. KESIMPULAN: Tingkat motivasi belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 rata-rata berada pada kategori tinggi 72,4%. Sedangkan persepsi mahasiswa berada pada kategori baik sebesar 71,7%. SARAN: Disarankan peneliti lain untuk meneliti hubungan antara motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang proses pembelajaran Problem Based Learning dengan IPK. KATA KUNCI: Problem Based Learning-motivasi-persepsi xviii + 95 + 9 tabel + 3 skema + 20 lampiran Kepustakaan: 35, 2006-2016. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum