Abstract :
ALSELINA.?Studi Kualitatif Persepsi Pasien Tentang BPJS Kesehatan Di
Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta Tahun 2016?
Latar Belakang: Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup
layak dan produktif. Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk
pelayanan yang paling banyak dibutuhkan untuk masyarakat. Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial atau BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk
menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut Undang-Undang
Nomor 20 tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011. Dalam penerapan
pelayanan kesehatan di BPJS kesehatan sendiri banyak permasalahan yang
mengakibatkan masyarakat kurang mengetahui manfaat, fungsi, iuran yang harus
dibayar serta fasilitas yang akan didapat oleh masyarakat. Untuk itu diperlukan kajian
mendalam mengenai persepsi pasien tentang BPJS kesehatan.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pasien tentang
BPJS kesehatan di Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta tahun 2016.
Metode:Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode studi
kasus. Sampel yang digunakan adalah pasien pengguna kartu BPJS kesehatan yang
berjumlah enam orang responden. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara
semi structured dan analisis menggunakan analisis tematik.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pasien berpendapat bahwa BPJS kesehatan
adalah jaminan kesehatan. Sebagian besar pasien mempunyai persepsi yang baik
tentang BPJS kesehatan.
Kesimpulan: Gambaran bahwa persepsi pasien tentang BPJS kesehatan adalah
sebagian besar pasien mempunyai persepsi yang baik hanya saja kurang dibekali
pengetahuan tentang BPJS.
Saran: Bagi dinas kesehatan untuk dapat melakukan penyuluhan atau sosialisasi
tentang BPJS agar masyarakat pengguna kartu BPJS dapat lebih memahami lagi
tentang BPJS.
Kata Kunci: Persepsi, Pasien, BPJS Kesehatan
2 skema+1 tabel+13 lampiran
Daftar pustaka, 22, 1991-2014