Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
YOBELTA, AGNES YUDITH
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Datestamp
2022-12-15 03:40:35
Abstract :
AGNES YUDITH YOBELTA. ?Hubungan perilaku caring perawat dengan
tingkat kepuasan pasien pada masa pandemi Covid-19 di Ruang Rawat Inap Kelas
III RSUD Bob Bazar S.Km Kalianda tahun 2021?.
Latar Belakang: Kepuasan merupakan bagian terpenting dari pelayanan
kesehatan. Dimana caring menjadi salah satu indikator dari tingkat kepuasan
pasien. Hasil studi pendahuluan di ruang rawat inap kelas III RSUD Bob Bazar
S.Km Kalianda pada bulan September 2021 menyatakan bahwa protokol kesehatan
pada masa pandemi covid-19 menyebabkan keterbatasan komunikasi antara pasien
dengan perawat dan kurangnya sentuhan perawat.
Tujuan: Mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan
pasien pada masa pandemi Covid-19 di ruang rawat inap kelas III RSUD Bob Bazar
S.Km Kalianda tahun 2021.
Metode: Studi kuantitatif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik
quota sampling dengan sampel berjumlah 155 responden. Alat ukur kuesioner
Caring Behavior Inventory dan Patient Satisfaction Questionnaire. Uji statistic
menggunakan spearman rho.
Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan nilai p-value 0,000 (p<0,05) dengan nilai
Correlation Coefficient 0,360.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara perilaku caring perawat dengan tingkat
kepuasan pasien pada masa pandemi covid-19 dengan tingkat keeratan penelitian
rendah.
Saran: Bagi RSUD Bob Bazar S.Km Kalianda disarankan untuk membuat program
pelatihan tentang caring agar perilaku caring perawat menjadi lebih baik.
Kata kunci: Caring - Kepuasan Pasien - Covid-19
xvi + 94 + 9 tabel + 2 skema + 17 lampiran
Kepustakaan: 26, 2016 - 2020