Abstract :
ADA GLORIA T. MAURE. ?Persepsi Masyarakat Tentang Pelayanan
Kesehatan Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru ( New Normal ) Di Rt 28/Rw 10
Kelurahan Giwangan Kota Yogyakarta Tahun 2021?.
Latar Belakang : Pelayanan kesehatan adalah pelayanan masyarakat yang di
berikan pemerintah sebagai penyedia pelayaan publik. Pelayanan kesehatan yang
disediakan pemerintah berupa pelayanan kesehatan secara massal atau umum
biasanya berbentuk program kesehatan dan pelayanan secara individu. Studi awal
di dapatkan hasil masyarakat jarang melakukan atau memeriksakan diri ke
pelayanan fasilitas pelayanan terdekat seperti rumah sakit, puskesmas, klinik dan
pelayanan kesehatan lainnya. Masyarakat beranggapan jika melakukan
pemeriksaan kesehatan mereka akan terjangkit virus covid-19.
Tujuan : Mengetahui Persepsi Masyarakat Tentang Pelayananan Kesehatan Pada
Masa Adaptasi Kebiasaan Baru ( New Normal ) Di Rt 28/Rw 10 Kelurahan
Giwangan Kota Yogyakarta Tahun 2021.
Metode : Pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel berjumlah 61 orang dengan
teknik total sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner tertutup. Analisis data univariat dengan rumus Sturgess.
Hasil : Persepsi masyarakat tentang pelayanan kesehatan pada masa adaptasi
kebiasaan baru (new normal) dengan hasil 54 (88.5%) dari 61 masyarakat baik
dengan skor 45-60.
Kesimpulan : Persepsi masyarakat baik tentang pelayananan kesehatan pada
masa adaptasi kebiasaan baru ( New Normal ) Di Rt 28/Rw 10 Kelurahan
Giwangan Kota Yogyakarta Tahun 2021.
Rekomendasi : Dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan
metode studi Kualitatif .
Kata kunci : Persepsi ? pelayanan kesehatan ? adaptasi kebiasaan baru (new
normal)
Xvii+ 87 hal + 8 tabel + 2 gambar + 13 lampiran,
Kepustakaan 40, 2010-2021.