DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STORYTELLING TERHADAP PERUBAHAN MINAT SISWA MENGKONSUMSI SAYURAN DI TK PERTIWI 25 GROGOL GUNUNGKIDUL TAHUN 2020
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PURNAMAWATI, ANDARI
Subject
613.04 Kesehatan jenis kelamin dan kelompok umur tertentu 
Datestamp
2023-03-15 06:50:49 
Abstract :
ANDARI PURNAMAWATI ?Pengaruh Metode Pembelajaran Storytelling terhadap Perubahan Minat Siswa Mengkonsumsi Sayuran di Tk Pertiwi 25 Grogol GunungkidulTahun 2020? Latar belakang : Usia prasekolah merupakan masa perkembangan pesat pada anak. Untuk mengimbanginya, anak membutuhkan asupan gizi adekuat untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, perilaku makan menjadi berubah. Anak menolak mengkonsumsi sayuran dan hanya memilih makanan yang disukai seperti makanan cepat saji. Tujuan : Mengetahui pengaruh media pembelajaran storytelling terhadap perubahan minat siswa mengkonsumsi sayuran. Metode : Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Penelitian dilakukan di TK Pertiwi 25 Grogol. Jumlah sampel 29 responden. Alat ukur menggunakan kuesioner. Hasil : Analisa univariat menggunakan persentase dan analisa bivariate menggunakan uji korelasi nonparametrik Spearman Rank menunjukkan bahwa ada pengaruh storytelling terhadap minat siswa dengan nilai signifikasi sebesar 0,001%. Kesimpulan : Ada pengaruh metode pembelajaran storytelling terhadap perubahan minat siswa mengkonsumsi sayuran di TK Pertiwi 25 Grogol. Saran : Diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti pengaruh lain dari metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam mengkonsumsi sayuran. Kata kunci : Metode pembelajaran storytelling - minat siswa ? sayuran - usia prasekolah xvi + 59 hal + 8 tabel + 3 skema + 8 lampiran Kepustakaan : 37, 2010-2020 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum