DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
MANGIWA, RIVAN REINALDI
Subject
100 Philosophy and Psychology 
Datestamp
2023-03-17 07:20:27 
Abstract :
RIVAN REINALDI MANGIWA. ?Hubungan Pembelajaran Online dengan Motivasi Belajar Mahasiswa STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2021 LATAR BELAKANG: Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang mempertemukan dosen dan mahasiswa untuk berinteraksi melalui internet. Motivasi dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga adanya dorongan untuk melakukan kegiatan dalam belajar. TUJUAN: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran online dengan motivasi belajar setiap mahasiswa STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta. METODOLOGI PENELITIAN: Penilitan ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional, populasi yang berjumlah 243 dengan sampel 152. Teknik simple random sampling, alat ukur kuesioner menggunakan SMQ-II dan pembelajaran online dengan analisis data somer?s d dengan ? 0.05. HASIL: Hasil penelitian uji somers?d ditemukan P-value 0,272 < ? 0,05, maka bisa disimpulkan H0 di terima dan H? di tolak berarti tidak ada hubungan pembelajaran online dengan motivasi belajar. KESIMPULAN: Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara Pembelajaran Online dengan Motivasi belajar Mahasiwa STIKES Betesda Yakkum Yogyakarta. SARAN: Penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan pembelajaran online kedepannya. Buat peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan lagi. Kata Kunci: Pembelajaran online ? Motivasi Belajar XV ? 64 ? 13 tabel ? 2 Skema ? 22 lampiran KEPUSTAKAAN: 26, 2010-2020 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum