Abstract :
RIVAN REINALDI MANGIWA. ?Hubungan Pembelajaran Online dengan
Motivasi Belajar Mahasiswa STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2021
LATAR BELAKANG: Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang mempertemukan dosen dan mahasiswa untuk berinteraksi melalui internet. Motivasi dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga adanya dorongan untuk melakukan kegiatan dalam belajar.
TUJUAN: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran online dengan motivasi belajar setiap mahasiswa STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta.
METODOLOGI PENELITIAN: Penilitan ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional, populasi yang berjumlah 243 dengan sampel 152. Teknik simple random sampling, alat ukur kuesioner menggunakan SMQ-II dan pembelajaran online dengan analisis data somer?s d dengan ? 0.05.
HASIL: Hasil penelitian uji somers?d ditemukan P-value 0,272 < ? 0,05, maka bisa disimpulkan H0 di terima dan H? di tolak berarti tidak ada hubungan pembelajaran online dengan motivasi belajar.
KESIMPULAN: Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara Pembelajaran Online dengan Motivasi belajar Mahasiwa STIKES Betesda Yakkum Yogyakarta.
SARAN: Penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan pembelajaran online kedepannya. Buat peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan lagi.
Kata Kunci: Pembelajaran online ? Motivasi Belajar XV ? 64 ? 13 tabel ? 2 Skema ? 22 lampiran
KEPUSTAKAAN: 26, 2010-2020