Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
RAHAYU, ANI PUJI
Subject
613.6 Topik-topik khusus; keamanan pribadi, kesehatan industri, kesehatan pekerjaan, bela diri, kesehatan militer,kesehatan perjalanan, penyelamatan sesudah bencana
Datestamp
2024-01-19 08:46:41
Abstract :
ANI PUJI RAHAYU. ?Hubungan penerapan sasaran keselamatan pasien dengan
kepuasan pasien selama masa pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Palang Biru
Kutoarjo?.
Latar Belakang: Rumah sakit bertujuan mengutamakan pelayanan kesehatan
yang aman. Hasil studi pendahuluan yang didapatkan peneliti dari data laporan
Insiden Keselamatan Pasien (IKP) tahun 2021 di RS Palang Biru Kutoarjo
terdapat 63 kasus. Kategori kejadian tersebut antara lain petugas tidak melakukan
identifikasi sesuai prosedur sebanyak 33,33%, yang berakibat salah dalam
pemberian obat sebanyak 26,9%, salah pemberian diet sebanyak 14,2% dan
adanya resiko jatuh sebanyak 25,3%.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk hubungan penerapan keselamatan pasien
dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo.
Metode: Desain yang digunakan adalah penelitian korelasi kuantitatif dengan
pendekatan crosssectional. Sampel sebanyak 93 pasien rawat inap dengan teknik
purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner kepuasan pasien dan
IPSG.
Hasil: Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien kategori tinggi sebanyak 85
responden (91.4%). Kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak 81
responden (87.1%). Ada hubungan antara penerapan keselamatan pasien dengan
kepuasan pasien di Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo dengan p=0,000.
Kesimpulan: Keeratan hubungan variabel penerapan keselamatan pasien dengan
kepuasan pasien dalam kategori tingkat hubungan sedang dengan r hasil sebesar
0.494.
Saran: Bagi perawat untuk meningkatkan penerapan keselamatan pasien sehingga
kepuasan pasien maksimal.
Kata Kunci: Penerapan sasaran keselamatan, pasien, Kepuasan, pandemic Covid-19
xiv + 67 hal + 9 tabel + 16 lampiran + 2 skema
Kepustakaan: 38, 2008-2016