Abstract :
BAGAS SABDO W., ?Persepsi Pasien tentang Pelayanan Kesehatan di Rumah
Sakit Bethesda Wonosari Gunungkidul Tahun 2022?
Latar Belakang : RS Bethesda Wonosari merupakan rumah sakit tipe D dengan
jumlah kunjungan pasien kurang dari 70 orang setiap harinya. Persepsi pasien
terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi perhatian rumah sakit. Studi
awal menunjukkan terdapat beberapa alasan pasien tidak berobat ke RS Bethesda
Wonosari.
Tujuan : Mengetahui persepsi pasien terhadap pelayanan kesehatan di Rumah
Sakit Bethesda Wonosari Gunungkidul
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Populasi pada penelitian ini adalah total pasien rawat jalan bulan September yaitu
370 pasien, dan sampel pada penelitian ini adalah 74 responden yang merupakan
pasien rawat jalan di RS Bethesda Wonosari dengan teknik accidental sampling.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner persepsi pasien, dan analisis data
menggunakan analisis univariat.
Hasil : Responden perempuan lebih banyak (52.7%) dari responden laki-laki
(47.3%), pekerjaan responden paling banyak adalah pegawai swasta (52.7%),
pendidikan responden paling banyak adalah perguruan tinggi (41.9%), umur pasien
18-40 tahun (58.1%) lebih banyak daripada usia 41-59 tahun (41.9%), dan persepsi
pasien paling banyak adalah persepsi baik (70.3%), persepsi sangat baik 20.3%,
persepsi cukup baik 8.1%, dan kurang baik 1.4%.
Kesimpulan : Persepsi pasien terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit
Bethesda Wonosari adalah persepsi baik.
Saran : RS Bethesda Wonosari diharapkan dapat meningkatkan pelayanan
kesehatan agar persepsi pasien baik dan meningkatkan jumlah kunjungan pasien.
Kata Kunci : persepi pasien - pelayanan kesehatan - rumah sakit
xvi + 64 hal + 11 tabel + 3 skema +15 lampiran
Kepustakaan : 32, 2010-2021