Abstract :
Bagus Wahyuda. ?Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Program Rekognisi
Pembelajaran Lampau Sarjana Keperawatan Angkatan 2021 pada Masa Pandemic
Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022?
Latar Belakang: Banyak kendala yang dirasakan oleh mahasiswa dalam
pembelajaran online diantaranya fasilitas internet kurang memadai, materi
pembelajaran kurang menarik dan dipahami serta tugas yang terlalu banyak yang
berdampak menurunnya motivasi belajar mahasiswa. Fenomena di lokasi
penelitian, mahasiswa mengatakan tidak terbiasa belajar melalui online dan merasa
jenuh sehingga pemahaman materi kurang maksimal, koneksi internet kurang
lancar sehigga menyebabkan ketinggalan materi/topik pembelajaran, kurangnya
waktu untuk belajar karena harus bekerja dan selama mengikuti pembelajaran
online merasa konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran menjadi terpecah dan
menunda pengerjaan tugas yang diberikan
Tujuan: Mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa program rekognisi
pembelajaran lampau sarjana keperawatan angkatan 2021 pada masa pandemic
covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022.
Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik sampling
menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54
mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan komputerisasi.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 57.4% responden memiliki
motivasi belajar tinggi dan 42.6% responden memiliki motivasi belajar sedang.
Kesimpulan: Motivasi belajar mahasiswa program rekognisi pembelajaran lampau
sarjana keperawatan angkatan 2021 pada masa pandemic covid-19 di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta sebagian besar memiliki motivasi belajar tinggi.
Saran: Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan untuk meneliti tentang faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi motivasi belajar.
Kata kunci: Motivasi Belajar ? Pembelajaran Online
xviii + 85 hal + 8 tabel + 2 skema + 18 lampiran
Kepustakaan: 65, 2013 - 2021