Abstract :
PAULA KELWULAN. ?Studi Deskriptif Persepsi Pasien Terhadap Komunikasi dan
Perilaku Caring Perawat Di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018?
Latar Belakang: Meningkatnya kunjungan pasien ke tempat pelayanan kesehatan
tidak lepas dari pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan khususnya perawat.
Bentuk pelayanan yang baik dapat diberikan oleh perawat dengan cara
berkomunikasi secara efektif, berperilaku caring, memiliki tingkat pengetahuan yang
tinggi serta sikap yang profesional saat memberikan pelayanan kesehatan.
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti lima pasien yang datang
ke BP/RB Cendrawasih, satu orang mengatakan pelayanan yang diberikan oleh
perawatnya sudah baik dengan pelayanan yang baik, tetapi terkadang dalam
menyampaikan informasi banyak yang masih tidak dimengerti. Satu orang lagi
mengatakan terkadang ada perawat yang saat bertugas tidak menunjukan sikap yang
peduli kepada pasiennya.
Tujuan Penelitian: Mengetahui persepsi pasien terhadap komunikasi dan perilaku
perawat di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018.
Metode Penelitian: Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini adalah pasien Klinik BP/RB Cendrawasih Dobo sebanyak 100
orang.Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel
sebanyak 70 orang.Analisis data menggunakan analisis univariat.
Hasil Penelitian: Karakteristik responden di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018
berdasarkan usia sebagian besar berusia 25 ? 35 tahun sebanyak 44,3%, dengan
pendidikan SMA sebanyak 52,9% dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 57,1%.
Gambaran persepsi pasien terhadap komunikasi perawat di Klinik Cendrawasih
Dobo Maluku 2018 sebagian besar memiliki kategori baik sebanyak 45 (64,3%).
Gambaran persepsi pasien terhadap perilaku perawat di Klinik Cendrawasih Dobo
Maluku 2018 sebagian besar dengan kategori baik sebanyak 40 (57,1%).
Saran: Bagi klinik Cendrawasih Dobo yaitu petugas kesehatan khususnya perawat
yang memberikan perawatan agar lebih memperhatikan komunikasi dan perilaku
perawat caring terhadap pasien agar pasien mempunyai persepsi yang baik tentang
komunikasi dan perilaku caring perawat, sehingga dapat memberikan persepsi yang
baik kepada pasien.
Kata Kunci: Persepsi Pasien, Komunikasi, Perilaku Caring Perawat
xv + 95 hal + 9 lampiran + 4 skema
Kepustakaan : 41, 2008 ? 2014