Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PAWESTRININGRUM, RATRI
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2019-09-13 06:47:29
Abstract :
RATRI PAWESTRININGRUM. ?Studi Komparasi Kemandirian Anak Usia 2-4
Tahun pada Program Fullday dan Halfday di Pendidikan Anak Usia Dini Babussalam
Prembulan Kulon Progo Tahun 2018?.
Latar Belakang: Kemandirian merupakan indikator dalam aspek perkembangan
sosio-emosional. Terdapat kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang
memuat kemandirian anak dan hanya diterapkan pada program fullday sedangkan tidak
diterapkan pada program halfday.
Tujuan: Mengetahui perbedaan kemandirian anak usia 2-4 tahun pada program fullday
dan halfday di Pendidikan Anak Usia Dini Babussalam Prembulan Kulon Progo Tahun
2018.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode studi komparatif. Sampel terdiri dari 27
responden dengan total sampling. Alat ukur kemandirian anak menggunakan modified
WeeFIM. Uji normalitas menggunakan Saphiro Wilk dan uji statistik menggunakan
Mann Withney U Test.
Hasil: Hasil uji Mann Withney U Test didapatkan p-value adalah 0,006 <0,05 sehingga
disimpulkan bahwa ada perbedaan kemandirian anak usia 2-4 tahun pada program
fullday dan halfday di Pendidikan Anak Usia Dini Babussalam Prembulan Kulon
Progo. Hasil mean kemandirian pada program fullday adalah 25,16 sedangkan mean
pada program halfday adalah 18,6 sehingga kemandirian anak pada program fullday
lebih tinggi daripada kemandirian anak pada program halfday.
Kesimpulan: Kemandirian anak program fullday lebih tinggi dibandingkan dengan
program halfday.
Saran: Sebagai informasi bagi orang tua anak usia dini dalam melatih kemandirian
anak dan sebagai alternatif dalam memilih program sekolah untuk anak usia dini.
Kata Kunci: Kemandirian anak ? Fullday ? Halfday
xvii + 97 halaman + 10 tabel + 2 skema + 13 lampiran
Kepustakaan: 31, 2008 ? 2017