Abstract :
KURNIA DEWITA.MS. ?Pengaruh Terapi Bermain Puzzle terhadap Tingkat
Kecemasan Anak Usia Prasekolah Saat Hospitalisasi di RSUD Panembahan
Senopati Bantul Tahun 2016?.
Latar Belakang: Tumbuh kembang merupakan proses yang terjadi sejak
konsepsi dan memiliki resiko gangguan kesehatan tiap perkembangannya. Jumlah
angka kesakitan anak tahun 2013 pada usia 0 ? 4 tahun 29,16%. Hal tersebut
menyebabkan hospitalisasi dan anak mengalami kecemasan. Salah satu untuk
mengurangi kecemasan akibat hospitalisasi dengan bermain puzzle.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle
terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah saat hospitalisasi di RSUD
Panembahan Senopati Bantul Tahun 2016.
Metode: Desain penelitian ini pre experimental design dengan pendekatan one
group pre test and post test design, populasi penelitian ini adalah anak usia
prasekolah yang dirawat di ruang Anggrek RSUD Panembahan Senopati Bantul
Juli tahun 2016 sebanyak 157 orang dengan teknik pengambilan sampel
accidental sampling dan jumlah sampel 31 orang. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang diisi oleh orang tua.
Hasil: Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai p untuk tingkat kecemasan 0,004
(p<0,05), dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H? diterima. Terdapat
pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah
saat hospitalisasi di RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2016.
Kesimpulan: ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan
anak usia prasekolah saat hospitalisasi di RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2016.
Saran: peneliti lain diharapkan untuk meneliti tentang faktor yang mempengaruhi minat anak bermain puzzle.
Kata Kunci: terapi bermain ? puzzle ? kecemasan
XV + 85 hal + 11 tabel + 9 lampiran + 2 skema
Kepustakaan: 29, 2006 - 2015