Abstract :
Edo Pangamiano. ?Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners
Angkatan XII dalam Mengerjakan Tugas Dokumentasi Keperawatan di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta 2021?
Latar Belakang: Selama proses pendidikan profesi Ners, mahasiswa dituntut
untuk menyelesaikan tugas-tugas selama proses pendidikan. Banyaknya tugas
dokumentasi keperawatan membuat mahasiswa cenderung untuk menunda-nunda
tugasnya dan lebih memilih untuk melakukan kegiatan lain di luar tugas pokoknya
untuk belajar. Berdasarkan wawancara dengan sepuluh mahasiswa di tempat
penelitian didapatkan bahwa tujuh mahasiswa mengatakan belum mengerjakan
dokumentasi keperawatan karena masih sistem daring dan malas untuk
mengerjakan tugas-tugas dari dosen pembimbing. Tiga mahasiswa mengatakan
mengerjakan tugas dokumentasi keperawatan pada saat akan dikumpulkan dan
malas untuk belajar materi selama praktik klinik di rumah sakit.
Tujuan: Mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa program studi profesi
Ners angkatan XII dalam mengerjakan dokumentasi keperawatan di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta 2021.
Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 mahasiswa. Teknik sampling
menggunakan total populasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan
komputerisasi.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53.5% responden memiliki
motivasi belajar sedang dan 46.5% responden memiliki motivasi belajar tinggi.
Kesimpulan: Motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Angkatan XII
dalam mengerjakan dokumentasi keperawatan STIKES Bethesda Yakkum
Yogyakarta sebagian besar memiliki motivasi belajar sedang.
Saran: Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan meneliti dengan topik yang sama
menggunakan metode kualitatif sehingga dapat menggambarkan motivasi belajar
secara lebih mendalam.
Kata kunci: Dokumentasi Keperawatan ? Motivasi Belajar
xvii + 80 hal + 6 tabel + 2 skema + 13 lampiran
Kepustakaan: 40, 2012 - 2021