Abstract :
EDO PRATAMA PUTRA ?Hubungan Self Efficacy dengan Stress Mahasiswa
Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dalam Menyelesaikan Skripsi di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022?
Latar Belakang Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
menyelesaikan skripsi sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana
Keperawatan. Mahasiswa RPL dalam menyelesaikan skripsi mengalami berbagai
kendala, sulitnya menentukan topik penelitian, waktu yang singkat, kewajiban
untuk tetap bekerja, dan tidak ada gambaran dalam pengerjaan skripsi. Kendalakendala tersebut dapat menimbulkan stress bagi mahasiswa RPL.
Tujuan : Mengetahui hubungan self efficacy dengan stress mahasiswa Rekognisi
Pembelajaran Lampau (RPL) dalam menyelesaikan skripsi di STIKES Bethesda
Yakkum Yogyakarta tahun 2022.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan
cross sectional. Sampel yang digunakan 82 mahasiswa RPL di STIKES Bethesda
Yakkum Yogyakarta, teknik sampling dengan simple random sampling, alat
ukurnya adalah kuisioner.
Hasil : Sebagian besar mahasiswa RPL (76,8%) mempunyai self efficacy sedang
dan sebagian besar mahasiswa RPL (81,7%) mempunyai tingkat stress sedang.
Hasil uji Spearman Rank dengan nilai P value < ?, yaitu 0,004 < 0,05 dan nilai
correlation coefficient adalah -0,312.
Kesimpulan : Ada hubungan self efficacy dengan stress pada mahasiswa Rekognisi
Pembelajaran Lampau (RPL) dalam menyelesaikan skripsi di STIKES Bethesda
Yakkum Yogyakarta tahun 2022.
Saran : Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti lain untuk meneliti
lebih dalam lagi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi self efficacy dan stress
mahasiswa Sarjana Keperawatan dalam menyelesaikan skripsi.
Kata Kunci: self efficacy, stress, skripsi
XVIII + 72 halaman + 13 tabel + 2 skema + 10 lampiran
Kepustakaan: 32, 2003 - 2020