Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
ANGGRAINI, ELIZABETH REGGINA
Subject
616.8 Penyakit Pada Sistem Syaraf dan Gangguan Jiwa
Datestamp
2024-01-19 08:19:26
Abstract :
ELIZABETH REGGINA ANGGRAINI. ?Pengaruh Terapi Hipnosis 5 Jari
dengan Zoom Call terhadap Tingkat Stres Mahasiswa dalam Menyelesaikan
Skripsi di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022?
Latar Belakang: Menurut Kemendikbud (2021), skripsi merupakan persyaratan
tugas akhir untuk mendapatkan gelar kesarjanaan yang dibuat berdasarkan kaidah
yang sudah ditetapkan institusi/universitas. Mahasiswa mendapati stresor yang
dapat mempengaruhi proses penyelesaian skripsi. Stres merupakan penyakit ke-4
di dunia dengan prevalensi mahasiswa mengalami stres di dunia berkisar 38-71%,
dan di Asia berkisar 39,6?61,3%. Terapi hipnosis lima jari merupakan salah satu
self hipnosis yang dapat mengatasi stres tersebut.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh terapi hipnosis 5 jari dengan zoom call
terhadap tingkat stres mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2022.
Metode Penelitian: Desain penelitian menggunakan kuantitatif pre eksperimen
dengan rancangan The One Group Pretest Posttest. Populasi penelitian berjumlah
88 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling
dengan jumlah 62 responden. Analisis data menggunakan Non-Parametric
Wilcoxon Test.
Hasil Penelitian: Pre test terdapat 21 responden dengan tingkat stres sangat berat
dan setelah diberi perlakuan menjadi 8 responden dengan tingkat stres sangat
berat, dengan nilai p value 0,000 (< 0,05)
Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian terapi hipnosis 5 jari dengan zoom call
terhadap tingkat stres mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2022.
Saran: Diharapkan peneliti selanjutnya menggunakan kelompok kontrol karena
dalam penelitian ini semua sampel diberikan perlakuan.
Kata Kunci: Terapi hipnosis 5 jari, tingkat stres, mahasiswa
(xii) + 80 halaman + 12 tabel + 3 skema + 19 lampiran
Kepustakaan: 39, 2010-2021