Abstract :
ENI ASTUTI: ?Evaluasi Dokumentasi Pemberian Informasi Edukasi Oleh
Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta Tahun 2022?.
Latar Belakang: Kesehatan merupakan kebutuhan hidup masyarakat, yang
difasilitasi dan diwujudkan oleh rumah sakit. Perkembangan ilmu dan teknologi
yang harus diikuti tenaga kesehatan membuat permasalahan semakin komplek.
Masalah yang terjadi diIndonesia, perawat belum melakukan pendokumentasian.
Kemampuan perawat mendokumentasikan kurang dari 60%. Audit Rekam Medis
Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta terhadap Pengisian Format Pemberian
Informasi Edukasi bulan Juli: 71, 76%, Desember 74, 73%. Studi pendahuluan
didapatkan hasil: Lengkap 15%, Kurang Lengkap 50%, Tidak Lengkap35%.
Tujuan: Mengetahui evaluasi dokumentasi pemberian informasi edukasi oleh
Perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta Tahun 2022.
Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi
dokumentasi. Populasinya adalah rekam medis di ruang rawat inap Rumah Sakit
Bethesda. Jumlah sampel 77 file dengan pengambilan sampel Purposive Sampling.
Pengumpulan data menggunakan checklist dengan analisa univariat.
Hasil: Evaluasi kelengkapan pendokumentasian informasi edukasi pada indikator
label identitas pasien lengkap 100%, assesmen kemauan dan kemampuan belajar
pasien lengkap 57, 14%, pelaksanaan pengisian formulir pemberian informasi
edukasi, lengkap 67, 53%.
Kesimpulan: Evaluasi kelengkapan pendokumentasian informasi edukasi di ruang
rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta tahun 2022, lengkap 55, 84%.
Saran: Diperlukan penelitian tentang kelengkapan pendokumentasian informasi
edukasi, dengan metodologi berbeda atau jumlah sampel yang lebih banyak.
Kata Kunci: kelengkapan dokumentasi, informasi edukasi.
xvi + 98 Halaman + 12 tabel + 2 skema + 10 lampiran
Kepustakaan: 24, 2009-2021