Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
TRINARIA, FARINDIKA
Subject
610.6 Organisasi, Manajemen Profesi
Datestamp
2024-01-19 08:11:16
Abstract :
Latar Belakang : Hasil studi pendahuluan pada bulan Juli-September 2021
jumlah kunjungan pasien rawat jalan di poliklinik spesialis mengalami penurunan.
Bulan Juli ke Agustus turun 480 kunjungan. Hal ini karena persaingan antar RS
semakin ketat dan pasien semakin selektif dalam memilih pelayanan. RS Bethesda
Wonosari yang terletak di tengah kota dalam perkembangannya hadir beberapa
RS swasta lain sebagai kompetitor.
Tujuan : Mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan
ulang pelayanan rawat jalan di RS Bethesda Wonosari.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian correlation dengan
pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada September 2022 dengan
populasi 1.754 dan sampel 289 menggunakan teknik Accidental Sampling. Batas
toleransi kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan closed ended question.
Uji validitas dengan Perason Product Moment. Penilaian reliabilitas
menggunakan Cronbach Alpha.
Hasil : Karakteristik responden berdasarkan usia paling banyak berusia 26-45
tahun (33,9%), berdasarkan jenis kelamin laki-laki (65,1%), tingkat pendidikan
terbanyak Perguruan Tinggi/Akademi (35,3%), pendapatan paling
banyak >Rp2.500.000 (46,7%), jarak dengan RS paling banyak 5-15Km (52,6%)
dan memiliki dokter favorit (82,4%). Responden menyatakan mutu pelayanan
baik (45,7%). Responden minat memanfaatkan ulang pelayanan di RS Bethesda
Wonosari (57,4%).
Kesimpulan : Hasil uji bivariat H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara
mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan di RS
Bethesda Wonosari. Correlation coefficient bernilai positif sebesar 0,467 dan arah
hubungan kedua variabel linier dengan tingkat hubungan cukup.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan - Minat - Rawat Jalan
XIX + 108 halaman + 14 tabel + 2 skema + 20 lampiran
Kepustakaan : 29, 2008-2021