Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
ADITYA, HOSEA PUTRA
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Datestamp
2024-01-23 01:06:30
Abstract :
HOSEA PUTRA ADITYA. Hubungan Pelayanan Perawat Di Poli Umum Pada Masa
Pandemi Covid-19 Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kotagede II Yogyakarta
Pada Tahun 2022
Latar Belakang : Pelayanan kesehatan merupakan upaya yang dapat dilakukan secara
mandiri maupun bersama - sama dalam meningkatkan kesehatan bersama untuk
mencegah dan menyembuhkan penyakit seseorang. Suatu pelayanan kesehatan itu
dapat kita katakan berhasil jika dalam melakukan pelayanan kesehatan itu dapat
memberikan kepuasan kepada pasien yang berkunjung.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara pelayanan perawat di poli umum pada masa
pandemic covid-19 dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kotagede II Yogyakarta
Metode : Metode penelitian ini menggunakan jenis korelasi. Jumlah populasi 96 orang,
pengambilan sampel menggunakan metode sampling aksidental. Instrumen kuesioner
menggunakan kuesioner modifikasi dari Ida Wahyuningsi Tyas dan Herawati &
Qomariyah (2015). Analisis data menggunakan uji spearman rank.
Hasil : Jenis kelamin terbanyak yaitu laki-laki 56,3%, usia responden terbanyak usia
50-60 tahun 28,1%, tingkat pendidikan terakhir terbanyak yaitu perguruan tinggi
53,1%, dan tingkat pekerjaan terbanyak yaitu wiraswasta 41,7%. Hasil uji analisis uji
sperman rank dengan nilai r hitung sebesar 0,604 > r tabel sebesar 0,1986.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara Pelayanan Perawat Di Poli
Umum Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas
Kotagede II Yogyakarta Pada Tahun 2022
Saran : Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih
mendalam terkait Faktor-Faktor Kepuasan Pasien dengan menggunakan penelitian
kualitatif.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien ? pelayanan perawat
Xx + 134 halaman + 13 Tabel + 2 Skema + 15 Lampiran
Kepustakaan : 23, 2017 ? 2021