Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
LINDA, IRENE
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2024-01-23 01:01:35
Abstract :
Irene Linda. ?Pengaruh Sex Education dengan Anatomical Doll terhadap Perilaku
Perlindungan Diri Anak di SD Negeri Binuang Krayan Selatan Nunukan Kalimantan Utara
Tahun 2022.?
Latar belakang: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI, 2021) mendapatkan 2.316
kasus kekerasan seksual pada anak. Penyebab kekerasan seksual pada anak yaitu anak-anak
belum tahu cara melindungi diri dari kekerasan seksual. Sex education dengan anatomical
doll akan membantu anak-anak dalam melindungi dirinya. Anatomical doll memiliki
kelebihan yaitu visualnya anak lebih mudah mengerti bagian-bagian anggota tubuh mereka
dan mudah dimengerti.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sex education dengan
anatomical doll terhadap perilaku perlindungan diri anak di SD Negeri Binuang Krayan
Selatan Nunukan Kalimantan Utara tahun 2022.
Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen design dengan
pendekatan one group pre test dan post test design. Populasi yang digunakan adalah anak
Sekolah Dasar Negeri Binuang dan teknik sampling yang digunakan total sampling jumlah
sampel sebanyak 33 anak.
Hasil penelitian: Uji Wilcoxon ranks test didapatkan sebelum edukasi sebanyak 14 anak
(42.4%) memiliki perilaku sedang dan sesudah edukasi sebanyak 28 anak (84.8%)
memiliki perilaku tinggi. Nilai p-value 0.000 (p=<0.05), yang berarti ada (H0) ditolak dan
(H?) diterima sehingga ada pengaruh sex education dengan anatomical doll terhadap
perilaku perlindungan diri anak.
Kesimpulan: Ada pengaruh sex education menggunakan anatomical doll terhadap
perilaku perlindungan diri anak sekolah dasar.
Saran: Peneliti selanjutnya melihat faktor penyebab kekerasan seksual yang terjadi di
lingkungan sekolah SD.
Kata kunci: Sex education-anatomical doll-perilaku perlindungan diri viii +140 halaman
+ 11 tabel + 2 skema + 21 lampiran
Kepustakaan: 40, 2012-2021.