Abstract :
JESSICA ANGEL MELYNDA. ?Pengaruh Edukasi oleh Peer (Teman Sebaya)
terhadap Kecemasan Remaja Menghadapi Perilaku Bullying di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Trucuk Klaten Tahun 2022?
Latar Belakang: Perilaku bullying banyak terjadi di usia remaja yang terjadi di
sekolah. Bullying dapat berdampak pada kecemasan yang menyebabkan
terhambatnya aktivitas remaja. Hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Trucuk
Klaten pada siswa kelas VIII yang dilakukan kepada 32 responden diperoleh
96,8% pernah mengalami bullying dan sebanyak 24 responden merasa cemas
ketika terjadi perilaku bullying.
Tujuan Penelitian: Mengetahui edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap
kecemasan remaja menghadapi perilaku bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Tahun
2022.
Metode Penelitian: Desain penelitian dengan quasi eksperimental dengan
pendekatan one group pre-test and post test without control group. Penelitian ini
menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah responden 31
siswa. Kuesioner menggunakan Zung Self Rating Anxiety Scale. Analisis data
menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil: Hasil penelitian diperoleh usia terbanyak 14 tahun, jenis kelamin terbanyak
perempuan yaitu 16 siswa, tingkat kecemasan siswa sebelum edukasi paling tinggi
yaitu normal (77,4%), dan setelah edukasi paling tinggi yaitu normal (87,1%).
Hasil uji dengan ? = 0,05 diperoleh ?-value 0,755.
Kesimpulan: Tidak ada pengaruh edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap
kecemasan remaja menghadapi perilaku bullying di SMP Negeri 2 Trucuk tahun
2022.
Saran: Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan mengenai faktor
predisposisi yang mempengaruhi kecemasan dalam menghadapi perilaku bullying
pada remaja.
Kata kunci: Edukasi peer ? Kecemasan ? Bullying
Xvi + 94 halaman + 11 tabel + 5 skema
Bibliography: 66, (2013-2021)